Tugas Konsep Sistem Informasi Lanjut
Nama: Ryzki Agustian
Kelas: 4KA15
NPM: 10109375
Supply
Chain Management (SCM) Pada Perusahaan Biskuit
Pengertian SCM
Supply Chain Management
(SCM) adalah suatu metode penciptaan produk untuk disampaikan pada pengguna
akhir, dimana di dalamnya tercakup berbagai komponen, yaitu: the supplier of
raw materials, the manufacturing units, warehouses, transporters, retailers, and
finally selling..Manfaat penerapan konsep SCM dalam perusahaan yaitu: kepuasan
pelanggan, meningkatkan pendapatan, menurunnya biaya, pemanfaatan asset yang
semakin tinggi, peningkatan laba, dan perusahaan semakin besar.
Studi kasus pada perusahaan biskuit
xyz :
SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
·
Where
do you source your materials?
Material di dapatkan dari para distributor sebagai bahan baku
utama pembuatan biscuit kaleng, seperti distributor gula, tepung, mentega,
garam, telur dan untuk packaging nya distributor kaleng.
·
Where
do you process or convert them?
Semua bahan baku tersebut di kirim ke Pabrik Biskuit untuk diolah
menjadi biskuit kaleng.
·
What
channels of distribution do you use?
Saluran distribusi yang digunakan adalah :
Produsen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen
Saluran seperti ini banyak digunakan oleh produsen dan dinamakan
sebagai saluran distribusi tradisional. Disini Produsen hanya melayani
penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada
pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembelian oleh
konsumen dilayani oleh pengecer saja.
·
How
do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
Untuk membangun hubungan yang kuat dengan suppliers dan konsumen
dibutuhkan komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Kepada suppliers,
suppliers harus tetap menjaga kualitas dari bahan produksi nya, karena itu
sangat mempengaruhi kualitas hasil akhirnya. Ketepatan waktu pengiriman
bahan-bahan tersebut juga harus diperhatikan. Karena sedikit saja ada
keterlambatan makan perusahaan akan mengalam kerugian yang cukup besar.
Sedangkan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan,
produsen harus tetap menjaga kualitas produk dan menjaga kestabilan harga
produk tersebut demi menjaga kepercayaan konsumen.
·
How
do you get direct information from your end-consumers?
Informasi secara langsung bisa didapat dari para customer akhir
melalui beberapa survey yang dapat dilakukan via media massa, telepon layanan
konsumen dan melalui dunia maya
·
What
logistics structure should you impose?
Struktur logitistik yang diterapkan pada perusahaan biskuit kaleng
ini adalah melalui Produsen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen.
·
How
do you coordinate your information flows and systems globally?
Mengkoordinasikan melalui sosialisasi antar
suppliers-manufactures-distibutor-retailer
·
And
how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply
chain to optimize overall performance?
Menerapkan
e-fulfillment, seperti menerima ordwer dari pelanggan (pelanggan bisa memesan
produk melalui telepon, fax, email atau web based ordering). Manajemen gudang,
mengelola transaksi, manajemen transportasi dan komunikasi dengan
pelanggan untuk memberikan informasi status pesanan, dukungan teknis dsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar