Interface (Antarmuka) adalah
penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu subsistem
dengan subsistem lainnya. Interface meliputi :
1.
Perangkat yang dipakai untuk mengerjakan
sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak.
2.
Piranti input atau output
3.
Prosedur pemakaian perangkat.
A. Head
Up Displays System
Merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data
tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut
pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat
informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan
daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk
kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan
sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
B. Tangible
User Interface
Sebuah user interface yang
nyata (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi
dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal Graspable User
Interface, yang tidak lagi digunakan.
Karakteristik Tangible User Interface:
·
Representasi fisik adalah komputasi digabungkan
dengan informasi digital yang mendasari
·
Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol
interaktif.
·
Representasi fisik adalah perseptual digabungkan
dengan representasi digital secara efektif dimediasi.
·
Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci
dari negara digital sistem.
C. Computer
vision
D. Speech
Recognition
Speech Recognition adalah
proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan
konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat
input suara).
Speech Recognition juga merupakan sistem yang digunakan
untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan
menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer. Pada saat ini, sistem ini
digunakan untuk menggantikan peranan input dari keyboard dan mouse.
Keuntungan dari sistem ini
adalah pada kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya. Kata – kata yang
ditangkap dan dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi
seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar